Thursday, March 1, 2012

Cara Suntik Tabung TV

.Kendala yang sering ditemui seorang teknisi elektro dimana-mana mungkin hampir sama yaitu bagaimana cara suntik tabung atau refreeshing tabung yang sudah hampir habis emisinya, sebenarnya sangat mudah teman-teman.
  Di sini akan kami ceritakan pengalaman yang sering kami lakukan, dulu waktu belum tahu ya...bingung gemana ya..? dengan penuh penasaran kami harus mendapatkan ilmu ini,kalau mencari dibuku-buku gak bakalan dapat teman-teman,akhirnya kami mendapatkan ilmu itu dari salah satu teknisi yang berpengalaman dan terbuka sehingga memberikan ilmu itu pada kami , kalau sudah tahu caranya ternyata sangat mudah sekali cuma saja resikonya besar bahkan dengan cara ini sudah banyak yang jadi korban sampai meninggal dunia,karena yang kita hadapi tegangan tinggi hingga 10000 kv dimana tegangan ini menghisap benda-benda yang ada di dekatnya antara jarak sampai 15 Cm, tapi jangan takut teman-teman yang penting harus hati-hati dan waspada penuh konsentrasi, hanya kami mengingatkan bagi teman-teman yang mengidap penyakit jantung jangan sekali-kali melakukan pekerjaan ini,akibatnya sangat fatal.
   Kayaknya terlalu panjang ya ceritanya ,maaf teman-teman itu memang betul adanya, oke
  Sekarang mari kami ajak untuk memperhatikan dulu gambar dibawah ini sebelum beranjak ke langkah berikutnya.
                
   Mungkin teman-teman gak asing lagi melihat gambar di atas , sering melihat tapi jalur fungsi setiap pin lupakan...! kami bermaksud untuk memudahkan untuk menyampaikan yang akan kita bahas di sini sehingga teman-teman tahu benar.
  Sebelum menyuntik tabung kita cek dulu tabung itu dengan cara mengecek emisi RGB,caranya sediakan battery 1,5 V --2biji, kemudian dirangkai secara seri dan akan menghasilkan tegangan 3 V, diujung positif dan negatif masing-masing dipasang kabel kira-kira 1 m x2 ,lalu masing-masing ujung kabel dipasang penjepit [ jepit buaya] contoh Gb :
   Setelah itu kita lakukan cek emisi jepit hitam dapat ground,jepit merah dapat heater tabung ,selanjutnya ambil multitester levelnya pada posisi x10k , ujung tool hitam dapat ground sedangkan ujung merah di dapatkan RGB , kalau normal akan menunjukkan angka 200k, tabung dengan merk berbeda akan berbeda pula nilai standar angkanya, tabung yang sudah tidak normal bila dites kaya diatas angkanya hanya 10 k - 20k.
  Sekarang kami akan melangkah bagaimana cara menyuntik tabung TV :
Ikuti langkah langkah berikut ini;
1  Sedot solderan socket tabung tepat di posisi G 2/screen
2  Kabel focus dilepas dari socket tabung
3  Ujung kabel focus ditempelkan atau disambungkan ke screen/G2 selama 1 detik
    pada posisi mesin TV hidup, pada langkah ini harus konsentrasi ,super hati-hati
4  Matikan mesin TV lalu ukur dengan multitester  G2 ke ground , tes normalnya
    harus tidak ada indikasi lagi.

  Selesai teman-teman silahkan dipelajari dan lakukan ,semoga kerja anda lancar
dan sukses selalu. Sallam buat semuannya dari.http://meservice.blogspot.com

  Posting By M.E.Service Via Blogger.com
 





2 comments :

  1. TV tabung sekarang sudah ketinggalan, lebih banyak yg pakai tv flat

    ReplyDelete
  2. sedikit koreksi, apakah tidak salah tabung yg baik jika diukur RGB pakai avometer mempunyai resistansi lebih besar 200k seperti yg anda tulis? Dan tabung jelek mempunyai R lebih kecil 10k? Sudahkah anda buktikan sendiri? Dan apakah heater menyala dengan tegangan 3volt? Padahal tegangan heater minimal adalah 4,5volt sampai 9 volt maksimal. Yang benar adalah tabung yang baik mempunyai nilai resistansi lebih kecil dari pin RGB terhadap G1. Dan jika tegangan heater kurang menyebabkan heater tidak menyala, dan jika heater tidak menyala tidak akan bisa diukur Resistansi RGB terhadap G1, dan andaikan dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Comment Here

Loading...
Wellcome See also:
  1. M.E.Service
  2. Download Music
  3. Trik/Tips service TV
  4. Software
  5. Berita
  6. Langgam Campursari
  7. Mulia Elektronik
  8. You Tube

Add ME

Blog list



Review http://meservice.blogspot.com on alexa.com

Find Electronic Components Suppliers
WAHYOKU BLOG